Subscribe By RSS or Email

August 30, 2009

Meditasi: Membuka Chakra Hati


Heart Chakra

Heart Chakra

Cukup banyak komentar dan pertanyaan yang masuk pada artikel awal Meditasi membuka chakra mahkota yang menanyakan langkah berikutnya.

Pertama yang ingin saya tekankan adalah, ketika melakukan meditasi jangan terburu-buru.  Meditasi adalah olah Kesadaran dan Rasa, begitu banyak teknik meditasi yang dapat dipelajari dan semua berujung pada olah Kesadaran dan Rasa. Ambisi dan ke tidak-tekunan dalam bermeditasi dapat menghambat perkembangan spiritual praktisinya.

Sekarang saya berikan teknik lanjutan dari Meditasi Membuka Chakra Mahkota, yaitu membuka cakra hati. Dalam melakukan teknik ini sebaiknya anda berada sendiri diruang yang tenang dan tertutup serta tidak terganggu selama prosesnya.

Sebelum mulai bermeditasi lepaskan semua ambisi, semua niat pencapaian dan yang ada hanya pasrah, pasrah dengan apapun yang akan anda dapatkan dan jalani dalam kehidupan ini, yakin bahwa melalui meditasi praktisi dapat mencapai kesadaran diri yang lebih baik / tinggi sehingga dapat memperbaiki diri serta memahami makna kehidupan.

Lakukan doa / affirmasi dalam hati yang kurang lebih sebagai berikut :

“Ya Tuhan ijinkanlah saya untuk mengikuti serta mempelajari ajaran-Mu agar hati dan pikiran saya dapat menjadi lebih bersih, leburlah segala sesuatu didalam maupun diluar diri hamba yang dapat menghalangi ajaran-Mu”

Setelah itu mulailah dengan teknik Membuka Chakra Mahkota, lakukan selama kurang lebih 5-10 menit dan kemudian visualisasikan Cahaya Suci Matahari yang terang memasuki kepala anda secara perlahan hingga keujung kaki, tidak satu pun bagian tubuh anda yang terlewatkan. Visualisasikan cahaya suci matahari memasuki tubuh menekan keluar semua kotoran, energi negatif, pikiran buruk, dendam, benci, rasa iri hati dll, cahaya menekan dari dalam keluar tubuh dan membawa keluar semua energi negatif dan hal-hal diatas keluar dari setiap pori-pori tubuh, visualisasikan semuah hal negatif dengan bintik / noda hitam yang terdesak keluar tubuh dan kemudian terbakar oleh cahaya suci matahari sehingga menjadi asap diluar tubuh.

Teknik lainnya adalah ketika kotoran / energi negatif terdesak keluar lalu dikumpulkan menjadi satu dan kemudian masuk kelaut, hilang ditelan ombak besar.

Lakukan teknik ini selama kurang lebih 30 menit dan lanjutkan secara rutin setiap hari  selama kurang lebih 4 minggu.

Visualisasikan tubuh semakin bersih dan suci dari waktu ke waktu, dan visualisasikan tubuh memancarkan cahaya putih terang benderang melalui setiap pori-pori tubuh.

Setelah 4 minggu pertama selesai lanjutkan dengan teknik membuka cakra hati dengan cara memvisualisasikan bola inti matahari (sebesar bola pingpong atau lebh kecil)  keluar dari matahari diatas kepala dan masuk melalui kepala ketengah dada. Memancar sebentar lalu meledak dan memancarkan sinar putih yang terang benderang dari dada depan dan belakang, pancarannya begitu terang dan jauh sejauh yang dapat anda bayangkan. Untuk awalnya bayangkan cahaya memancar memenuhi ruangan, lama kelamaan memenuhi seluruh rumah, dan kemudian memancar hingga keluar lingkungan dan kemudian pancaran itu begitu jauh dan intens hingga kebumi.

Lakukan ini selama kurang lebih 4 minggu selanjutnya.

Setelah selesai melakukan meditasi tutup dengan doa / affirmasi :

“Ya Tuhan sang pencipta semesta alam, terima kasih atas segala bimbingan dan penyertaan-Mu, semoga apa yang saya pelajari dapat berguna bagi diri dan orang disekitar saya, terima kasih 3x”

Semoga bermanfaat.

PS: Saya akan senang dan berterima kasih sekali kalau anda dapat memberitahukan hasilnya / apa yang anda rasakan setelah selesai menjalankan teknik ini selama 4-8 minggu dengan menceritakan pada saya di kolom komentar web ini.

Namaste. 

Popularity: 18% [?]


Nagakanya

About the author, Nagakanya

I believe that everything I do through divine guidance for the good of all creatures are related directly or indirectly. I hope this website can be useful for many people.

 

Related Posts

 

Read more from Meditation
9 Comments Post a comment
  1. salvinus
    Dec 26 2009

    salam kenal,tolong ajari saya meditasi chakra secara keseluruhan.terima kasih

    Reply
  2. Admin
    Jan 15 2010

    Membuka cakra harus satu persatu dan dimulai dari cakra ke 7 / cakra mahkota, sementara cakra dasar biasanya adalah cakra terakhir yang dibuka atau terbuka dengan sendirinya bila sudah waktunya.

    Yang perlu ditanyakan kedalam diri adalah : Apa motivasi membuka semua cakra? Apa yang kita cari?

    Reply
  3. Admin
    Jan 15 2010

    Bila tertarik untuk memulai bisa mencoba teknik membuka cakra makota lebih dulu, artikelnya ada didalam web ini.

    Reply
  4. Tary
    Apr 10 2010

    setelah membuka cakra hati apa kelanjutannya???
    mohon dijelaskan tingkatan2nya….
    Thanks……

    Reply
  5. Jun 1 2010

    terimakasih mas infonya. saya sudaj sering bermeditasi tanpa guru dirmh. dengan tujuan mendapatkan ketenangan. tp sering kali ketika saya bermeditasi. sepertiny tubuh saya mati rasa. seakan-akan tidak menyatu dengan raganya. mohon penjelasannya

    Reply
  6. ari
    Aug 11 2010

    assallamualkm, salam kenal
    mohon jelaskan tentang apa itu cakra mahkota? Saya belum paham terimakasih

    Reply
  7. suwito
    Jan 1 2011

    Cakra hati apakah sama dengan cakra solar fleksus?
    Cakra mayor yang saya pelajari kok ndak ada cakra hati.

    Reply
  8. sunu setiawan
    Jan 28 2011

    assalamualaikum wr.wb. pak bisa diajarkan lebih lanjut cara untuk membukan cakra pada tahapan berikutnya, setelah cakra mahkota dan cakra hati ter lampaui. terimakasih

    Reply
  9. HAMBA ALLAH INSYA ALLAH...
    Mar 7 2011

    MENURUT SAYA yang dinamakan cakra hati itu adalah inti atau jati diri atau ruh kita yang sebanar-benarnya yg diberikan oleh sang pencipta pada kita sbgi mahluknya, kenapa demikian kerna kebanyakan di jaman ini orang lebih suka belajar dengan instan atau pengisian badan dengan ilmu kebathinan yang terkadang tidak diketahui oleh objeknya ternyata yang dimasukan atau diisikan kedalam tubuhnya adalah unsur jin dan lain sebagainya. bukan lahir bathin diri sendiri atau kita sebut dengan jati diri kita sendiri, itulah kebanyakan yang jauh dari jati dirinya sering dikendalikan oleh hawa nafsu nya. kalau sudah ke tingkat penyelarasan jati diri atau sudah berhasil maka bukan ilmu yang dicari melainkan hanya ridho illahi..dan tingkatan ini setara dengan ilmu para wali..
    perjalanan spiritual saya mengajarkan begitu banyak hal… sehinga apabila anda sudah berhasil jangan kaget bila pohon, gunung, angin dan seluruh alam semesta dapat berbicara dengan anda… kerna ALLAH menciptakan Al-qur’an ada dua yaitu tersirat dan tersurat dan maksud dari kedua al-qur’an tersebut untuk mendidik dan mengajarkan manusia sebagai bekal PULANG KELAK KEMBALI KEPADA ALLAH..

    TRIMZ DAN WASALAM

    Reply

Leave a Comment

Note: Make sure you enter the required information where indicated. HTML is allowed. Your email address is Required but, will never be published.

Required
Required, but not shared

Get notified Subscribe to comments

   

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera